'Mengenal Tampilan Microsoft Word |       PyShel

Cari Blog Ini

Rabu, 22 Mei 2019

'Mengenal Tampilan Microsoft Word


Mengenal Tampilan Microsoft Word

Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Mengenal Microsoft Word, apa itu Microsoft Word, kegunaan Microsoft Word dan bagaimana langkah-langkah Membuka dan Menutup Microsoft Word Lengkap dengan beragam cara dari yang mendasar, mudah, bahkan dibahas juga cara-cara cepatnya.

Setelah mengenal Microsoft Word, kali ini akan dibahas tentang Tampilan Microsoft Word dan tentunya masih sama seperti pada postingan sebelumnya Microsoft Word yang digunakan atau akan dibahas ini adalah Microsoft Word 2010 yang dalam segi tampilan antar muka atau interface tidaklah jauh berbeda dengan saudara-saudaranya yaitu : Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2016.


A.             Quick Access Toolbar


Area ini berisi beberapa icon yang berguna untuk mempercepat dalam melakukan akses tertentu sesuai dengan icon-icon yang ada di dalamnya, Biasanya secara standar Quick Access Toolbar ini menampilkan : Save, Undo, Redo namun kita juga dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan yang sering kita gunakan dengan mengklik tombol Arrow Down (Segitiga kecil menghadap ke bawah).


B.             Title Bar


Title Bar atau Balok Judul, menampilkan judul atau nama dari dokumen Microsoft Word yang sedang kita jalankan/buka.


C.             Control Button


Control Button/Kontrol Jendela digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja Microsoft Word.


D.             Menu Bar


Menu Bar ini terdiri dari sederetan menu yang ditandai dengan teks yang meliputi : File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Review, View. Bila diperlukan menu yang ada pada Menu Bar ini bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.


E.              Ribbon


Ribbon merupakan area yang menampilkan isi dari Menu Bar yang sedang aktif, isi dari Menu Bar ini ditampilkan dalam bentuk group-group.


F.              Group


Group adalah bagian dari Ribbon yang berisi icon-icon yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan Groupnya. Jadi Group adalah sekumpulan  atau kelompok menu dalam tiap Ribbon.
Jadi Tab menu menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group dan Group terdiri dari sekumpulan icon yang memiliki kesamaan fungsi. Tombol panah kecil disudut kanan bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu grup.


G.            Dialog Box


Pada setiap group memiliki Dialog Box yang berfungsi untuk menampilkan jendela fungsi dari masing-masing groupnya. Dialog Box terletak di kanan bawah di masing-masing groupnya.


H.             Dokumen Area


Dokumen Area atau halaman kerja adalah tempat untuk membuat dokumen pada Microsoft Word.


I.               Ruler


Ruler ini ada dua macam yaitu Ruler Horizontal dan Ruler Vertikal yang berguna untuk melihat ukuran pada Dokumen Area (halaman kerja).


J.               Scroll


Scroll ada dua macam yaitu Scroll Vertikal dan Scroll Horizontal yang berfungsi untuk menggulung Dokumen Area (halaman/lembar kerja)


K.             Status Bar


Status Bar berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang dokumen yang sedang dibuka, kita bisa mengaturnya dengan cara klik kanan pada status bar yang dimaksud.
Adapun status bar yang biasanya muncul secara default adalah :Page, Word dan Language


L.              Tombol View


Bagian ini berfungsi untuk melihat tampilan pada halaman kerja, terdapat mode tampilan yang dapat diubah yaitu Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan Draft.


M.           Zoom


Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman pada Microsoft Word.



Demikian pembahasan mengenai tampilan Microsoft Word 2010, untuk postingan selanjutnya akan menmbahas mengenai mengenal fungsi Ikon pada Microsoft Word.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar