Cara Kerja Web |       PyShel

Cari Blog Ini

Jumat, 12 Desember 2014

Cara Kerja Web

Cara Kerja Web


Tidak dipungkiri lagi internet sat ini merupakan media penyebaran informasi yang cukup efektif dan efisien. Hal ini ditandai dengan semakin beragamnya situs web yang tumbuh di internet. Hampir semua informasi yang ada di dunia ini dapat disajikan secara cepat melalui internet. Hal ini juga didukung dengan semakin bertambah banyaknya pengguna internet, yang tidak hanya dari kalangan terpelajar dan berpendidikan tinggi atau dari kaum muda saha, bahkan ibu rumah tangga yang berumur lebih dari 50 tahun pun dapat dengan mudah mengakses internet.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara sebuah informasi bisa tersajikan ke depan layar monitor pengguna? dan bagaimana sebuah situs bisa berubah-ubah isinya setiap saat?

Lalu kenapa sebuah situs berulang-ulang selalu dikunjungi orang sehingga pengiklan suatu produk mau memasang iklannya di web itu? Jawabannya adalah karena kedinamisan informasi, sehingga situs tersebut menjadi menarik dengan isinya yang up to date.

Yang berperan penting dalam menampilkan informasi di layar monitor adalah web browser. banyak program web browser yang tersedia, namun yang sering digunakan adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Google Chrome, dan Safari. Fungsi dari web browser adalah menerjemahkan kode (script) HTML yang biasanya juga ditambahkan Java Script, menjadi sebuah informasi yang sudah tertata dan menarik secara visual.

Di internet, suplai informasi dilayani oleh web server. Web server adalah aplikasi yang berguna untuk menerima permintaan informasi dari pengguna melalui web browser, dan mengirimkan kembali informasi yang diminta melalui HTTP (HyperText Transfer Protocol). Biasanya web server diletakkan di komputer tertentu pada web hosting.

Apakah hanya dengan program di atas sudah bisa digunakan untuk menyajikan informasi berbentuk web? jawabannya sudah, tetapi belum dinamis. Kenapa? Karena belum adanya program yang berfungsi untuk mengontrol isi web tersebut. Program pengontrol isi web di antaranya adalah PHP. Program PHP hanya dapat bekerja di lingkungan web server.

Beberapa program web server yang banyak digunakan diantaranya adalah Apache, IIS, dan Tomcat. Berikut diagram kerja web.


Untuk menjalankan web dari sebuah server, Anda cukup memanggail alamat web tersebut, lalu browser akan memunculkan halaman web yang dimaksud sesuai dengan alamat yang diberikan. Proses yang terjadi adalah, web browser meminta kepada web server, kemudian web server akan membaca file index (misal: index.html, index.php atau index.asp), kemudian data-data  dari file index  tersebut diterjemahkan dan dikirim kembali ke web browser. Selanjutnya web broweser akan menerjemahkan kode-kode HTML menjadi halaman web. file index adalah file yang biasanya dibaca secara otomatis oleh web server.


Sumber :
  • Judul : Membuat Website Powerfull Menggunakan PHP
    Oleh  : Diar Puji Oktavian
    Penerbit : MediaKom   
    Tahun : 2013



Baca Juga

HTML. Lihat

CSS. Lihat

PHP. Lihat

Microsoft Office. Lihat

Membuat Aplikasi dengan PHP. Lihat

 


Berikan kritik dan saran anda pada pos komentar atau chat box yang telah disediakan, untuk masukan agar blog ini terus menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

 

Semoga blog ini bermanfaat untuk pembaca..

 

Terima kasih

 

Untuk pemesanan aplikasi di PyShel silahkan Hubungi di

Via Email : pyshel.com@gmail.com



Youtube : https://www.youtube.com/pyshelaja
instagram : https://www.instagram.com/pysheltv/
Facebook : https://www.facebook.com/PyShel-TV-384015322343195/
IG Produk : https://www.instagram.com/pyshelaja/
FB Produk : https://www.facebook.com/pyshelaja
Website : http://pyshel.site/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar